Alat Pemanas Air Mandi Anda Rusak? Atasi Dengan Cara Ini

Alat Pemanas Air Mandi Anda Rusak? Atasi Dengan Cara Ini

Kehadiran alat pemanas air memudahkan kita sebagai pengguna untuk mendapatkan pemanas air mandi dengan cepat. Biasanya pemanas air tersebut paling banyak digunakan dirumah. Artinya pemilik rumah dapat lebih mudah mendapatkan air panas berapapun jumlahnya dengan cepat. Tapi seperti halnya produk elektronik lain, pemanas air mandi juga mudah rusak. Bagaimana jika sudah rusak? Apa yang harus dilakukan?

Berbagai masalah umum terjadi pada pemanas air mandi. Bila Anda pemilik water heater, sudah seharusnya Anda mengetahui bagaimana menangani kerusakan pemanas air tersebut. Maka dari itu, Kami akan membahas mengenai kerusakan pemanas air mandi dan bagaimana penanganan yang paling benar.

Baca : Rekomendasi jasa service pemanas air handal

Kerusakan Umum Pada Pemanas Air Yang Seringkali Terjadi

Untuk memudahkan Anda sebagai pemilik pemanas air mengetahui ciri-ciri kerusakan yang terjadi. Berikut adalah ciri-ciri pemanas air mandi rusak yang umum terjadi dan cara penanganannya :

Air Pada Pemanas Air Kurang Panas

Misalnya Anda terlalu lama menunggu untuk mendapatkan air panas dari keran, bisa jadi itu di sebabkan oleh endapan mineral yang ada di bawah tangki. Karena adanya endapan mineral ini akan membatasi aliran air yang masuk. Sehingga akan lebih lama tangki Anda untuk mengisi air, kemudian menyebabkan air membutuhkan waktu lebih lama untuk memanas.

Bila terjadi demikian pada pemanas air mandi Anda, sudah seharusnya Anda melakukan pembuangan endapan yang terbentuk dengan membuang air keluar dari pemanas air.

Timbul Suara Bising Pada Pemanas Air Mandi

Apabila timbul suara yang cukup bising pada pemanas air mandi, bisa berupa suara meletus atau suara gemuruh sebaiknya langsung Anda cari darimana suara itu timbul. Bila kebisingan tersebut berasal dari pipa, bisa jadi karena pemupukan tekanan sedimen di dalam pipa. Cara menanganinya Anda bisa mengangkat tuas ke atas pada Pressure Relief Valve, ini untuk mengecek kebisingan apakah tetap ada atau tidak. Jika masih ada lakukan cara lainnya.

Timbul Air Yang Keruh

Timbulnya air keruh sebagai tanda Anda harus memeriksa pemanas air penyimpanan. Ini karena mineral atau bakteri munkin telah menumpuk di tangki dan mengalir melalui faucet atau keran Anda. Ini bisa jadi menunjukkan bahwa pemanas air atau pipa rumah berkarat.

Air yang Berbau

Air panas yang berbau busuk seperti telur busuk, dalam beberapa kasus di sebabkan oleh bakteri yang ada dalam air. Namun banyak pula yang di sebabkan oleh anoda yang rusak. Batang anoda adalah batang mengorbankan diri untuk larut seiring waktu. Adanya anoda dalam tangi bagian dalam tentunya untuk mencegah berkarat. Biasanya batang anoda terlarut tidak kan membuat air berbau busuk.

Terjadi Kebocoran Pada Pemanas Air

Apabila Anda melihat ada kebocoran di bawah tangi, Anda pastikan dulu kondisi tangki pemanas air sebelum mengganti yang baru. Anda bisa pastikan darimana air tersebut berasal, jika menetep dari katup temperatur dan tekanan relief maka tidak perlu khawatir. Namun jika kebocoran terjadi di katup TPR ini bisa disebabkan katup Anda penuh dengan sedimen atau partikel yang menumpuk. Kemudian apabila pemanas air Anda bocor dan dipenuhi genangan air dari tempat lain kemungkinan disebabkan bahwa bagian dari tangki Anda telah rusak.

Lebih lengkap baca : cara perbaiki pemanas air solahart yang rusak

Cara Menangani Kerusakan Pada Pemanas Air

Dari berbagai kerusakan tersebut, memang seringkali timbul pada pemanas air. Untuk memudahkan Anda dalam penanganan kerusakan pemanas air, Anda bisa langsung menghubungi Kami. Kami siap melayani Anda untuk perbaikan pemanas air. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.

You May Also Like

× Ada Yang Bisa Kami Bantu?