Begini Cara Simpel Perbaiki Pemanas Air Tenaga Surya Solahart Yang Rusak

Begini Cara Simpel Perbaiki Pemanas Air Tenaga Surya Solahart Yang Rusak

Melihat alat peanas air tenaga surya rusak, tentu kita akan berfikir keras bagaimana agar water heater tersebut kembali normal dengan cepat. Meskipun perbaikan water heater bisa ditangani melalui jasa service, namun pastinya memperbaiki water heater sendiri tidak ada salahnya. Terutama untuk jenis kerusakan ringan, tidak ada salahnya untuk memperbaiki water heater tersebut tanpa adanya bantuan jasa service.

Ya, kerusakan pada water heater bisa terjadi kapan saja. Karena penggunaan water heater setiap hari memicu kerja water heater yang panas. Sebagai pengguna, tentunya kita harus mengantisipasi kerusakan tersebut. Misalnya saja dengan mempelajari cara memperbaiki water heater atau mungkin memahami gejala kerusakan yang mungkin timbul pada water heater. Dengan kedua hal tersebut akan memudahkan Anda dalam memperbaiki water heater dengan mudah.

Maintenance Service Water Heater Yang Tepat

Sebelum membahas mengenai penanganan yang tepat pada water heater, kitapun perlu tahu bagaimana untuk memaintance water heater yang tepat. Maintenance water heater ini penting, dilakukan untuk mencegah kerusakan pada water heater. Dengan maintenance, maka kita dapat mencegah kerusakan tersebut. Nah adapun cara untuk maintenance water heater yang tepat yaitu :

  • Pembersihan / Pengurasan Storage Tank ( penampungan air panas ) proses ini adalah membersihkan endapat yang terjadi di dala tabung secara menyeluruh.
  • Pembersihan / Pengurasan alur panel kolektor dilakukan untuk membersihkan kerak-kerak yang kurang baik jadi hilang.
  • Pembersihan / Pengecekan kondisi valve-valve dilakukan agar semua aliran lancar, baik inlet maupun outlet. Sehingga air panas yang dihasilkan dapat berih dengan maksimal.
  • Pengecekan Anoda Karbon dilakukan sebagai perlindungan dari terjadinya kebocoran pada tangki.
  • Pengecekan kelistrikan sebagai back up Energi,pemeriksaan elemen pemanas air wika dan thermostat automaticnya.

Langkah Perbaikan Water Heater Pemanas Air Solahart Bocor

Setelah mengetahui bagaimana maaintenance water heater yang benar, selanjutnya kita perlu membahas mengenai perbaikan water heater solahart yang tepat. Hal ini diketahui, meskipun kita sudah melakukan maintenance water heater dengan benar, tetap saja water heater yang sudah lama digunakan pasti akan mengalami kerusakan.

Untuk perbaikan water heater yang rusak tentu harus disesuaikan terlebih dahulu dengan jenis kerusakannya. Karena berbeda kerusakan berbeda jenis penanganannya. Lebih jelasnya berikut adalah langkah penanganan water heater yang rusak :

Cara memperbaiki solar water heater dapat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cek Masalahnya

Pertama tentu harus mengetahui penyebab dari kebocoran water heater. Tentukan lokasi dimana terjadinya kebocoran tersebut dan seberapa parah kebocoran yang terjadi.

  • Matikan Air

Bila sudah ditemukan tempat kerusakan yang terjadi pada water heater, selanjtnya pastikan Anda mematikan aliran airnya agar sistem pemanas dapat kering. Kemudian ambil pemanas air solar tersebut dari dudukannya lalu lepas satu per satu pipa yang menempel di tiap sisinya. Dengan begitu air sisa akan dapat mengalir keluar. Jangan lupa lepaskan bagian pslexiglas agar Anda bisa mengakses pipa bagian dalam. Juga pastikan piap dalam keadaan yang benar kering sebelum memperbaikinya.

  • Memperbaiki Pipa Yang Bocor

Bila pipa terbuat dari bahan tembaga atau logam, Anda hanya perlu menambalnya atau memulaskan sealant ke lubang yang bocor. Tapi ketahui dulu apakah butuh penggantian pipa atau tidak, karena ini cukup ribet untuk dilakukan. Sedangkan untuk bahan pipa PVC Anda bisa memotong pipa yang bocor dan menyegel bagian tersebut. Sambung dengan pipa yang baru. Cara lain bisa dilakukan dengan pengelasan, namun cara ini bisa mengakibatkan kebocoran di masa depan.

  • Mengecat Pipa Yang Baru

Jika sudah dilakukan penggantian pipa bocor dengan yang baru,  tentu warna akan terlihat berbeda. Agar tidak berbeda perlu dilakukan pengecatan. Setelah dicat, dudukkan kembali water heater ke tempat asalnya. Kemudian hubungkan kembali ke sumber air kemudian lakukan pengetesan dengan cara membuka aliran airnya. Coba perhatikan apakah masih terjadi kerusakan atau tidak. Jika tidak ada, berarti kerusakan benar sudah teratasi.

You May Also Like

2 Comments

Comments are closed.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu?