Service Maintenance Solahart Handal Jakarta Timur

Service Maintenance Solahart Handal Jakarta Timur

Pemanas air yang digunakan dalam waktu lama, tentu akan mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik. Bagi pemilik pemanas air water heater solahart, sebaiknya mengetahui bagaimana perawatan yang benar untuk membuat water heater tetap awet. Ini penting, mengingat begitu banyak kerusakan yang dapat terjadi pada water heater apabila dibiarkan saja. Mulai dari kerusakan yang cukup ringan hingga kerusakan yang berat bisa saja terjadi pada water heater.

Apa Saja Kerusakan Water Heater?

Beberapa kerusakan yang mungkin saja terjadi pada water heater mulai dari :

  1. Terjadi kebocoran pada water heater
  2. Terdengar suara bising saat proses pemanasan air.
  3. Air mampet
  4. Terdapat bau keran yang menyengat
  5. Air yang dihasilkan tidak panas

Masih ada jenis kerusakan lain yang mungkin saja terjadi pada water heater. Anda hanya perlu mengetahui gejalanya untuk mengurangi kerusakan yang lebih parah. Bila sudah terjadi kerusakan yang mungkin dapat diperbaiki, jangan coba-coba untuk untuk memperbaikinya sendiri. Agar water heater tersebut tidak mengalami kerusakan yang lebih parah bahkan menyebabkan water heater tidak berfungsi kembali.

Bagaimana Perawatan Yang Benar Untuk Cegah Kerusakan Water Heater?

Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah pada water heater, sebaiknya lakukan perawatan yang benar. Kita bisa melakukan berbagai hal, jika Anda bingung bagaimana merawatnya Anda bisa lakukan hal berikut :

  • Lakukan perawatan dengan memperhatikan jenis water heater

Seperti yang diketahui, water heater atau pemanas air memiliki jenis yang berbeda-beda saat digunakan. Jenis ini menentukan bagaimana perawatan yang dibutuhkan. Beberapa pilihan jenis water heater yang digunakan meliputi water heater yang menggunakan listrik, gas sampai dengan solar. Masing-masing memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Bila menggunakan water heater listrik, perhatian utama yang perlu dilakukan adalah pada tegangan listrik yang tersedia. Apakah kapasitasnya mencukupi atau tidak.

Untuk water heater gas, lakukan pengecekan secara rutin ketersediaan gas yang digunakan. Siapkan gas cadangan sebelum gas tersebut habis digunakan. Berbeda lagi untuk water heater solar, perhatian utama adalah pada musim hujan otomatis energi panas yang terserap tidaklah maksimal.

  • Lakukan Pengecekan Perangkat Keseluruhan Secara Berkala

Dalam water heater terdapat perangkat yang harus selalu rutin dibersihkan. Lakukan pengecekan rutin bagian kelistrikan pada elektrik heater dan thermostat pada water heater. Gunakanlah water heater sesuai penggunaan dan jangan menyalakan mematikan untuk menjaga kondisinya tetap stabil.

  • Perhatikan Safety Valve

Jangan lupa juga untuk rutin dalam pengecekan safety valve untuk menjaga kondisi water heater. Alat ini adalah pengaman apabila terdapat kenanan yang berlebih pada bagian tangki, serta digunakan untuk menjaga suhu tangki tetap stabil. Jika pengecekan dilakukan secara berkala, maka dapat mencegah terjadinya penyumbatan.

  • Rutin Memeriksakan Kondisi Pipa

Menjaga kondisi pipa agar tidak tersumbat adalah hal yang penting. Ini untuk memastikan air yang keluar dari water heater adalah air yang bersih dan jernih bebas pasir, debu, dan berbagai partikel-partikel kecil lainnya. Bila terdapat partikel tersebut, maka dapat menghambat kinerja water heater.

  • Jaga Kebersihan Elemen Water Heater

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menjaga kondisi kebersihan tangki, elemen, dan komponen water heater. Pastikan semua elemen tersebut bebas dari masalah karat.

Bagaimana Jika tidak bisa melakukan Maintenance Solahart sendiri?

Jika Anda tidak memiliki waktu karena aktivitas hari-hari Anda, Anda tak perlu khawatir. Kami hadir sebagai layanan maintenance water heater untuk Anda yang membutuhkan layanan Kami. Kami siap melayani service maintenance untuk water heater solahart di seluruh wilayah jabodetabek.

You May Also Like

Comments are closed.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu?